Home > Tips

Kehilangan Pekerjaan? Ini 7 Tips Cegah Depresi

Cara Anda menjaga kesehatan fisik berdampak pada kesehatan mental Anda dan sebaliknya.
depresi (ilustrasi) Sumber:freepik
depresi (ilustrasi) Sumber:freepik

KLIKFIT.ID--Kehilangan pekerjaan yang disukai, terlebih pekerjaan yang membiayai kehidupan sehari-hari menjadi salah satu hal yang paling menyakitkan dalam hidup. Namun, Anda harus menjaga diri agar tetap waras dan tidak putus asa, sebab kehidupan dalam ketidakpastian merupakan hal yang paling menakutkan dan mengerikan.

Kehilangan pekerjaan, terutama yang tidak disengaja, dapat menjadi penyebab umum depresi. Meskipun demikian, ada beberapa strategi yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan kembali kesehatan mental Anda.

Berikut beberapa tip untuk mencegah dan mengatasi depresi, yang dikutip dari Harmony United Psychiatric Care.

1. Beri waktu diri Anda untuk berduka

Kehilangan pekerjaan yang Anda sukai dan Anda andalkan untuk membayar pengeluaran bulanan merupakan kerugian besar sehingga wajar jika Anda merasa sangt sedih. Anda mungkin merasa tidak ingin segera melamar pekerjaan lain, dan itu tidak masalah.

Namun, hal terpenting adalah beri diri Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan kenyataan baru Anda. Namun, jika Anda mendapatkan diri Anda semakin tenggelam dalam depresi, carilah bantuan.

Penelitian menunjukkan bahwa bagi sebagian orang, kehilangan pekerjaan dan tekanan finansial dapat menyebabkan masalah depresi dan kecemasan yang serius tanpa intervensi kesehatan mental sejak dini. Mencari bantuan untuk mengatasi perasaan duka dan depresi selama periode awal ketidakpastian dan kesulitan keuangan bisa mencegah gejala depresi yang lebih parah.

2. Buat rutinitas harian yang baru

Rutinitas baru sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Rutinitas sangat membantu dalam menghadapi perubahan dan ketidakpastian, menciptakan kebiasaan sehat, dan bahkan mengurangi tingkat stres. Ketika hidup Anda diatur dalam rutinitas, Anda tahu persis apa yang diharapkan.

Untuk membangun rutinitas harian yang sehat, pikirkan hal-hal kecil dan menyenangkan yang dapat Anda lakukan setiap hari, seperti menikmati secangkir kopi atau teh sambil menonton TV, membaca buku favorit, bersepeda, ataupun berjalan kaki. Juga, sertakan aktivitas yang memungkinkan Anda terhubung dengan orang lain.

Anda juga bisa berkomitmen dengan jadwal untuk menghabiskan setidaknya 2 jam sehari untuk mencari dan melamar pekerjaan secara online. Anda dapat menetapkan tujuan lain untuk meluangkan waktu mempelajari keterampilan baru guna meningkatkan peluang kerja Anda.

3. Temukan, jelajahi, dan pelajari keterampilan atau hobi baru

Mengembangkan hobi atau minat baru bisa menjadi pereda stres yang baik karena memberikan otak perlu asupan untuk dipikirkan selain merasa takut dan cemas. Ini bisa menjadi saat yang tepat untuk memfokuskan energi Anda dalam mengembangkan minat dan hasrat pribadi Anda menjadi sumber pekerjaan yang bermakna dan keuntungan jangka panjang. Bagaimana kalau misalnya meluncurkan bisnis start-up atau bisnis UMKM Anda sendiri?

4. Tetap menjaga pertemanan dan koneksi dengan orang lain

Saat tidak punya pekerjaan, ini sangatlah penting untuk tetap terhubung dan menjaga koneksi dengan orang lain. Rasa keterhubungan sosial adalah kebutuhan mendasar manusia yang tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik. Orang yang merasa lebih terhubung dengan orang lain memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang lebih rendah. Mereka juga memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Menjaga hubungan dan koneksi juga bisa memberikan peluang kerja baru bagi Anda. Maka luangkanlah waktu untuk bertemu dengan teman-teman dan koneksi Anda agar bisa mendapat kesempatan kerja.

5. Bersikap baik kepada diri sendiri

Bersikaplah realistis dan baik pada diri sendiri. Pahami bahwa penolakan kerja merupakan bagian dari proses pencarian kerja. Cobalah tetap bersikap baik dan penuh kasih kepada diri sendiri saat ditolak kerja. Pahami mungkin pekerjaan tersebut tidak baik bagi Anda, bukan karena kualitas skills Anda yang buruk. Jadikan penolakan sebagai pemicu semangat mempelajari skills baru.

6. Jaga kesehatan fisik dan mental

Cara Anda menjaga kesehatan fisik berdampak pada kesehatan mental Anda dan sebaliknya. Berolahragalah setidaknya 30 menit setiap hari, makan makanan yang sehat, dan jaga agar otak Anda tetap terstimulasi setiap hari. Cobalah olahraga baru. Mendaftarlah untuk kelas yoga ataupun poundfit. Jelajahi tujuan perjalanan baru. Berlanggananlah film dokumenter David Attenborough, atau tonton Comedy Central untuk tertawa setiap hari.

7. Selalu yakin Tuhan pasti menolong Anda

Dalam menghadapi ketidakpastian hidup, selalu berpikir positif dan membangun sangat diperlukan. Selama dalam ketidakpastian mencari pekerjaan yang belum muncul jawabannya, maka berdoa dan beribadah kepada Tuhan sangat dibutuhkan. Kita harus yakin dan percaya Tuhan tidak akan menelantarkan hamba-hambanya. Jadi tetaplah semangat mencari pekerjaan, dan yakin Tuhan akan menolong Anda pada saat yang paling tidak Anda sangka!

(Novia Effendy)

× Image