Home > Tips

Cegah Migrain dengan Terapkan Tips Ini

migrain sering kali tidak terdiagnosis atau tidak diobati
Sakit kepala sebelah Sumber:livestrong
Sakit kepala sebelah Sumber:livestrong

KLIKFIT.ID--Pernahkah tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala sebelah, terkadang disertai mual ataupun muntah, juga sensitif terhadap cahaya dan suara? Gejala ini bisa terjadi berjam-jam atau berhari-hari sehingga membuat aktivitas Anda terganggu.

Kondisi kepala terasa nyeri hingga berdenyut dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja disebut migrain. Sebenarnya migrain dapat dicegah dengan lima tips berikut ini.

1. Kelola Stres

- Praktikkan teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, atau latihan pernapasan untuk mengurangi tingkat stres. Ingat bahwa stres adalah salah satu penyebab utama migrain.

2. Atur Pola Tidur

- Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam dengan jadwal tidur yang konsisten. Kurang tidur atau tidur berlebihan bisa memicu migrain.

3. Pola Makan yang Teratur

- Makan secara teratur dan jangan melewatkan waktu makan. Pilih makanan sehat dan hindari makanan yang diketahui dapat memicu migrain.

4. Olahraga Teratur

- Lakukan olahraga secara rutin, seperti berjalan, berlari, atau berenang. Olahraga dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas migrain dengan meningkatkan aliran darah dan mengurangi stres.

5. Hindari Pemicu

- Kenali dan hindari pemicu migrain yang umum, seperti makanan tertentu (misalnya cokelat, keju, makanan olahan), stres, cahaya terang, suara bising, dan bau yang kuat.

Jika migrain tetap berlanjut, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan obat-obatan yang tepat. Ada saran lainnya dari Amaal Starling, M.D., seorang neurologis di Mayo Clinic.

Dia menyebutkan bahwa migrain sering kali tidak terdiagnosis atau tidak diobati. "Jika Anda sering mengalami tanda dan gejala migrain, catat apa yang Anda alami dan cara Anda menanganinya," katanya seperti dikutip dari mayoclinic.org pada Kamis (27/6/2024).

Catatan riwayat sakit kepala tersebut, menurut dia, berguna ketika Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai sakit kepala Anda. Terutama jika ada pola sakit kepala yang berubah atau tiba-tiba terasa berbeda.

(Rina Okta/Novia Effendy)

× Image