Home > Umum

Ini Kata Pakar Soal Minyak Rambut DIY untuk Rawat Rambut Rontok

Minyak rambut dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas perawatan rambut Anda.
Rambut rontok (ilustrasi) Sumber:webmd
Rambut rontok (ilustrasi) Sumber:webmd

KLIKFIT.ID--Rambut merupakan mahkota, tetapi apa jadinya kalau tiba-tiba rambut menjadi rontok karena beragam faktor, antara lain stres dan gaya hidup. Apalagi setiap keramas, menyisir, ataupun bangun tidur, melihat helai demi helai rambut berjatuhan. Duh tambah bikin stres.

Berbagai upaya sudah dilakukan untuk menumbuhkan rambut, dari mulai menggunakan produk perawatan rambut rontok hingga membuat 'ramuan' sendiri. Sering kali tergiur iklan, lalu mencoba-coba produk perawatan rambut yang ternyata belum tentu cocok. Eh rambut malah semakin rontok dan tipis.

Akhirnya mencari alternatif dengan membuat minyak buatan sendiri (do it yourself/DIY), yang beberapa tahun terakhir menjadi tren.

Dapatkah minyak rambut DIY benar-benar menumbuhkan rambut Anda kembali? Pakar perawatan rambut mengungkapkan apa saja yang membantu keberhasilan pertumbuhan rambut.

"Faktor penentu utama perkembangan rambut adalah hormon dan genetika. Tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa minyak tertentu dapat secara signifikan meningkatkan regenerasi rambut, bahkan ketika minyak tersebut bermanfaat bagi kulit kepala dan folikel rambut," kata Dr Stuti Khare Shukla, MD Dermatologis, Pendiri Elements of Aesthetics dan Pendiri Hair Growth Booster, seperti dikutip Hidustan Times, Kamis (14/3/2024).

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Stuti Khare Shukla menyatakan, di sisi lain, dengan menghindari kerusakan dan menjaga lingkungan yang sehat untuk folikel rambut, umumnya minyak seperti kelapa, jarak, dan minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Menurut dia, cara itu yang secara tidak langsung dapat mendorong perkembangan rambut.

Dia kemudian menyarankan minyak jarak. Minyak tersebut salah satu minyak yang paling sering direkomendasikan untuk perkembangan rambut. "Minyak ini mengandung banyak asam risinoleat, yang memiliki kualitas antibakteri dan anti-inflamasi," ujarnya.

Meskipun tidak ada cukup bukti untuk mendukungnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan mendorong rambut yang lebih tebal.

Dia menjelaskan pula bahwa dengan cara yang sama, minyak kelapa dipuji karena kemampuannya untuk menghidrasi, menembus batang rambut, dan meminimalkan kehilangan protein, yang semuanya dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan. Namun, menurut dia, tidak ada bukti kuat bahwa minyak kelapa mendorong perkembangan rambut secara langsung.

Pakar kesehatan rambut ini pun menyimpulkan, "Pada akhirnya, Anda bisa saja kecewa jika Anda mengharapkan minyak rambut dapat menghentikan kerontokan dengan sendirinya, meskipun minyak tersebut dapat membantu Anda memiliki rambut yang lebih tebal dan lebih kuat."

Menurut dia, sangatlah penting untuk menetapkan tujuan yang realistis dan melakukan perawatan rambut, yang meliputi makan makanan yang seimbang, tetap terhidrasi, dan mengurangi stres.

"Minyak rambut dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas perawatan rambut Anda, kemampuannya untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok masih belum pasti. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim ini sepenuhnya," katanya menerangkan.

Sementara itu, mempertahankan gaya hidup sehat dan mencari nasihat ataupun saran dari profesional untuk masalah kerontokan rambut yang parah adalah tindakan terbaik.

(Rina Okta)

× Image