Home > Tips

Tips untuk Jaga Gizi Seimbang Selama Puasa Ramadan, Termasuk Batasi Gorengan?

Tidak boleh makan berlebihan sebelum atau sesudah puasa.
Pola 8 gelas sehari dan makanan sehat selama puasa Sumber:Infografis/Republika
Pola 8 gelas sehari dan makanan sehat selama puasa Sumber:Infografis/Republika

KLIKFIT.ID-- Bagaimana puasanya? Mumpung masih awal bulan Ramadan nih, yuk fokuskan untuk memilih makanan yang kaya nutrisi. Hal ini penting lho agar asupan makanan dan minuman membuat tubuh tetap fit, terutama dengan pola makan yang seimbang. Dengan begitu, ibadah semakin lancar.

"Dengan merencanakan makanan secara hati-hati dan menggabungkan beragam bahan, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan selama bulan Ramadhan," kata Riya Desai, Ahli Diet Senior di RS Wockhardt di Mira Road Mumbai, yang dilansir Hidustan Times.

Asupan yang bergizi baik bagi tubuh karena dapat membantu dalam menjaga kesehatan fisik juga mental. Berikut ini tip-tip menjaga gizi seimbang, seperti disarikan dari berita Republika, Selasa (12/3/2024).

1. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Hidrasi penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Konsumsi makanan asin, pedas, dan gorengan harus sangat dibatasi untuk menghindari rasa haus saat berpuasa. Pilih juga cairan yang tidak banyak mengandung kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Sebaiknya berbuka puasa dengan air terlebih dahulu untuk memastikan hidrasi sebelum menyantap berbagai hidangan berbuka puasa.

2. Kontrol kalori

Makanan yang digoreng dan makanan manis memberi lebih banyak kalori konsumsi harian, sehingga menyebabkan fluktuasi berat badan dan mencegah fluktuasi kadar gula darah, serta meningkatkan pencernaan. Cobalah memasukkan lemak sehat.

Disarankan untuk mencoba metode memasak selain menggoreng, seperti mengukus, memasak dengan saus, dan memanggang. Kalaupun dengan metode menggoreng sebaiknya pakailah sedikit minyak.

3. Kontrol porsi

Tidak boleh makan berlebihan sebelum atau sesudah puasa. Sadari untuk mengontrol porsi makan dan paham jika tubuh mulai kenyang.

Praktik makan yang penuh kesadaran ini mengurangi stres secara keseluruhan pada tubuh dan menyediakan energi berkelanjutan. Terlebih jika dibandingkan dengan makan dalam jumlah besar sekaligus.

4. Sahur

Mulailah makan sahur dengan santapan yang bergizi seperti karbohidrat kompleks, antara lain biji-bijian, otmeal, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, lentil, ayam, telur, dan lemak sehat dari salmon, alpukat, dan kacang-kacangan tanpa garam.

Dianjurkan pula untuk minum banyak cairan dan memilih makanan kaya cairan, seperti sup dan jus agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Cara berbuka puasa

Mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka puasa adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai berbuka puasa. Kurma merupakan sumber serat dan memberikan energi instan. Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup terutama air putih akan membantu dalam pemulihan keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi.

Gabungkan banyak sayuran untuk menyediakan vitamin dan nutrisi. Pilih juga biji-bijian, yang memberi tubuh energi dan serat. Nikmati daging tanpa lemak yang dipanggang atau dibakar, ayam dan ikan tanpa kulit, untuk mendapatkan porsi protein sehat.

Saat berbuka, tambahkan porsi besar buah-buahan dan sayuran segar. Batasi porsi makanan serbamanis dan aneka gorengan.

(Rina Okta)

× Image