Home > Umum

Hai Foodie, Ini 5 Manfaat Makanan Pedas

Kementerian Pertanian Amerika Serikat bahkan menyebut makanan pedas mengandung berbagai vitamin.
Makanan pedas Sumber:Good free photos
Makanan pedas Sumber:Good free photos

KLIKFIT.ID--Banyak orang yang menyukai citarasa makanan pedas, rasa gurih bercampur pedas serasa meledak di dalam mulut. Sering kali di media sosial ditemukan video orang-orang yang menyantap aneka kuliner pedas. Di antara menu makanan pedas itu ada bakso uleg yang penuh dengan cabai.

Nah, selain nikmat dan menggugah selera ternyata makanan pedas dengan cabai juga kaya manfaat. Haley Robinson, Ahli Diet Klinis di Rumah Sakit Piedmont Atlanta, berbagi manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh dikutip dari Piedmont, sebagai berikut:

1. Penurunan berat badan

"Capsaicin dalam cabai membantu untuk menaikkan suhu inti Anda. Ini juga meningkatkan metabolisme dan membantu bakar kalori lebih cepat,” kata Robinson. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan metabolisme hingga 5 persen.

Penelitian terbaru juga menunjukkan, orang mengonsumsi sekitar 75 kalori lebih sedikit setelah mengonsumsi makanan dengan cabai merah. Hal itu dibandingkan dengan mengonsumsi makanan hambar tanpa rasa pedas.

2. Depresi

“Capsaicin telah terbukti bekerja sebagai endorfin,” kata Robinson. “Tubuh memproduksi endorfin, seperti serotonin, sebagai respons terhadap panas, yang disalahartikan sebagai rasa sakit. Ini membuat Anda merasa lebih baik dan mengurangi risiko depresi atau stres,” ujarnya.

3. Mencegah kanker

Capsaicin dalam cabai bekerja sebagai antioksidan, melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

4. Membantu pencernaan

Capsaicin dalam cabai dapat memperbaiki pencernaan dengan meningkatkan cairan pencernaan di perut. Peningkatan cairan pencernaan dapat membantu dalam mempercepat pencernaan dan meredakan diare.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kementerian Pertanian Amerika Serikat bahkan menyebut makanan pedas mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin C. Hal ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna mencegah berbagai penyakit seperti flu.

(Novia Effendy)

× Image