Home > Tips

Ini Bahayanya Kalau Setelah Shalat Subuh Malah Tidur Lagi

Kebiasaan tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan seseorang.
pasien yang menderita asam lambung (ilustrasi) Sumber:freepik.com
pasien yang menderita asam lambung (ilustrasi) Sumber:freepik.com

KLIKFIT.ID--Setelah menunaikan shalat Subuh, seseorang biasanya akan beraktivitas lainnya ataupun beristirahat lagi. Terlebih pada bulan Ramadhan ini, rasa kantuk dapat membuat orang memilih untuk melanjutkan tidur seusai makan sahur dan shalat Subuh.

Kebiasaan tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan seseorang. Seperti yang diungkap oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Elisabeth Sipayung, dalam berita Republika pada Rabu (13/3/2024). "Tidak dianjurkan langsung tidur setelah sahur, karena pada saat itu, bisa makanannya kembali lagi ke atas, asam lambungnya bisa naik lagi, dan bisa mengiritasi di kerongkongan," katanya dalam diskusi daring mengenai puasa bagi penderita penyakit asam lambung, yang dikutip Sabtu (16/3/2024).

Dia mengatakan kebiasaan tersebut selain dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, juga dapat memicu terjadinya penyakit Gastro Esofageal Refluks Disease (GERD) atau mag. Tentunya hal itu dapat mengganggu seseorang dalam menjalani puasa.

Dokter dari RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso Jakarta itu memberi saran bagi seseorang yang terkena asam lambung ketika sedang berpuasa.

"Kalau memang masih bisa ditahan, itu bisa kita lanjutkan terus saja puasanya. Namun, apabila sudah sampai perih banget, rasanya seperti diputar-putar, mules, bahkan muntah, nah itu ya mungkin nggak bisa lagi diteruskan," katanya.

Dia juga menyarankan para penderita asam lambung untuk dapat mengelola stres dan menenangkan diri selama berpuasa.

(Rina Okta)

× Image