Home > Tips

Pertolongan Pertama Jika Kena Migrain

gejala migrain semakin memburuk pada pagi hari.
migrain Sumber:pexel
migrain Sumber:pexel

KLIKFIT.ID--Migrain atau sakit kepala sebelah sering kali mengganggu aktivitas Anda dalam keseharian. Baik laki-laki maupun perempuan dapat terkena migrain kapan saja dengan gejala dari mulai ringan hingga berat. Di antara gejalanya adalah sakit kepala, pusing, mual, bahkan muntah dan sensitif terhadap cahaya dan suara.

Menurut penelitian yang dikutip dari medicalnewstoday.com pada Kamis (27/6/2024), bagi sebagian orang, gejala migrain semakin memburuk pada pagi hari. Sebagian orang dapat mengalaminya pada periode tertentu, seperti pada akhir pekan setelah menjalani kesibukan kerja pada hari biasa ataupun bagi perempuan, migrain sering terjadi pada masa menstruasi.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika terkena migrain? Berikut adalah lima cara yang dapat membantu untuk mengurangi gejala migrain:

1. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit

Gunakan obat bebas, seperti ibuprofen, aspirin, atau acetaminophen. Ada juga obat khusus migrain yang bisa diresepkan oleh dokter, seperti triptan.

2. Kompres Dingin atau Hangat

Gunakan kompres dingin di dahi atau leher, yang dapat meredakan nyeri. Sebaliknya, beberapa orang merasa lebih nyaman dengan kompres hangat.

3. Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Cobalah berbaring di ruangan yang gelap dan tenang, hindari cahaya terang dan suara bising, karena dapat memperburuk migrain Anda.

4. Hindari Pemicu Migrain

Mulai identifikasi dan hindari pemicu migrain, seperti makanan tertentu, stres, kurang tidur, atau perubahan hormon.

5. Terapi Relaksasi

Coba teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam karena dapat membantu untuk mengurangi stres dan mencegah serangan migrain.

Apabila migrain sering terjadi atau sangat parah, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

(Rina Okta/Novia Effendy)

× Image